0
Jalan Utama II Desa Kolam
MTs. Al Washliyah Kolam

Sejarah Berdirinya | MTs. Al Washliyah Kolam (Madrasah Tsanawiyah Alwashliyah Kolam)

Madrasah Tsanawiyah Alwashliyah Kolam (MTs. Al Washliyah Kolam)  dahulunya adalah sebuah madrasah yang dibangun diatas tanah milik warga Desa Kolam dan telah diinfakkan untuk kepentingan agama.

                      Tanah yang berlokasi di jalan Utama II Desa Kolam dipergunakan untuk Madrasah yang bernuansa Islami (Madrasah Diniyah Awaliyah). Madrasah yang dibangun sekitar tahun 1968 dikelola oleh tenaga-tenaga pendidik yang diturunkan dari Kandepag Deli Serdang yang berstatus Pegawai Negeri.

                 Disamping itu,  Madrasah yang mendapat swadaya masyarakat tersebut tidak berlangsung lama disamping tenaga-tenaga pengajar yang mulai menghadap pensiun. Kurangnya perhatian pemerintah terhadap keberadaan madrasah berdampak buruk bagi perkembangan madrasah. Apalagi masyarakat kurang percaya terhadap pendidikan yang dilaksanakan. Disamping itu juga semakin menipisnya hati nurani masyarakat akan pendidikan agama yang ada.

              Dalam keterombang-ambingan masyarakat tersebut, sebuah organisasi yang bergerak dibidang pendidikan mengambil alih madrsah tersebut menjadi sebuah madrasah yang memiliki status Organisasi Alwashliyah yang sebagai motor penggerak dan didalamnya adalah orang-orang yang berkecimpung di Organisasi Alwashliyah tersebut.

           Alwashliyah membuka pendidikan untuk RA/TK, MDA, dan MTs dan sekaligus mengganti MDA (Madrsah Diniyah Awaliyah) Al-Hakim menjadi Madrasah Diniyah Awaliyah Alwashliyah.Akhirnya tepat pada tanggal 22 Muharram 1423 H atau 05 April  2002, Majelis Pendidikan dan Kebudayaan Al-Jam'iyatul Washliyah wilayah Sumatera Utara Mensahkan berdirinya Madrasah Tsanawiyah Alwashliyah di Desa Kolam Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Proponsi Sumatera Utara.

              Alhamdulillah Madrasah Tsanawiyah Alwashliyah Desa Kolam sedang berlangsung hingga sekarang dan Insya Allah berkat do'a kita bersama, mudah-mudahan MTs. Alwashliyah Kolam jaya selamanya. Amiin.

Post a Comment Blogger

 
Top