0


(Sumatera Utara) Pemerintah Jepang melalui Konsulat Jenderal Jepang di Medan memberikan bantuan pendidikan senilai $172,254 untuk membangun serta merenovasi gedung sekolah di Sumatera Utara guna meningkatkan sarana pendidikan.

Dana hibah ini merupakan bagian dari program Grant Assistance for Grassroots Human Security Projects untuk tahun anggaran 2013 tahap pertama yang diberikan kepada dua sekolah, yakni MTs Al Washliyah Kolam di Kecamatan Deli Serdang sebesar  $88,678 AS atau setara dengan Rp975 juta dan Yayasan Pendidikan Al-Fityah di Kecamatan Binjai Barat sebesar $83,576 AS atau setara dengan Rp919 juta.


“Kami harap dana hibah yang telah diberikan dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk peningkatan fasilitas serta mutu pendidikan masing-masing sekolah, karena gedung sekolah yang layak sangat diperlukan oleh para pelajar,” ujar Konsul Jenderal Jepang Medan Hamada Yuji, usai menandatangani kerjasama hibah pada Kamis (14/11), yang juga dihadiri perwakilan masing-masing pihak sekolah.

Hamada juga berharap, melalui bantuan ini program wajib belajar sembilan tahun dapat terealisasikan dan semakin banyak anak Indonesia yang dapat menikmati pendidikan dengan mutu yang lebih baik, sehingga sekolah dapat mencetak generasi muda yang tidak hanya cerdas tapi juga memiliki budi pekerti dan akhlak mulia.

“Dengan dipimpin penerus bangsa yang memiliki budi dan berakhlak mulia, saya yakin Indonesia mampu bersaing dengan negara maju lainnya, sehingga masyarakat pun dapat sejahtera,” ujar Hamada.

Rencananya, pembangunan gedung baru masing-masing sekolah akan dimulai bulan depan. Gedung baru yang akan dibangun meliputi ruangan kelas serta ruangan serbaguna dan perpustakaan yang dapat dimanfaatkan para siswa untuk menunjang kegiatan belajar.

Lihat dokumentasinya disini

sumber: http://www.halojepang.com/kerjasamakebijakan/7598-konjen 

Post a Comment Blogger

 
Top