0

Sejak diresmikannya gedung baru MTs. Al Washliyah Kolam yaitu sekitar tahun 2014 yang dihadiri Konsulat Jenderal Jepang di Medan Bapak Yuji Hamada,  Kegiatan Japan Day pun kerap dilaksanakan di MTs. Al Washliyah Kolam. 

Kegiatan Japan Day Pertama diadakan pada tahun sebelumnya yaitu tahun 2015 yang dihadiri oleh Konsul Muda Jepang di Medan yaitu Bapak Takayuki Kawai.

Dan tahun ini adalah kali keduanya Japan Day dilaksanakan di MTs. Al Washliyah Kolam, tepatnya pada hari Jum'at 30/09/2016.

Konsep nya pun dibuat sedemikian rupa, baik dari  dan acara penyambutan yang menampilkan tarian daerah dan dan juga acara inti yang diadakan di halaman MTs. Al Washliyah Kolam dan di dalam Ruang Kelas. 

Kegiatan Japan day kali ini tidak jauh berbeda dengan Japan Day sebelumnya, kegiatan dimulai dengan Tarian Penyambutan yaitu Tarian Makan Sirih yang berasal dari daerah melayu, dilanjutkan dengan tarian Jepang dan juga dengan nyanyian Jepang (Kiroro Mirai e) yang ditampilkan oleh para siswi MTs. Al Washliyah Kolam, kemudian dilanjutkan dengan kata-kata sambutan dan yang berbeda pada acara Japan Day kali ini adalah Kata Sambutan dua bahasa ( Indonesia dan Jepang ) yang disampaikan oleh Siswi kelas IX MTs. Al washliyah Kolam.



Kegiatan pun kemudian berlanjut di dalam ruangan kelas. Kegiatan tersebut langsung dipimpin oleh Sekretaris Konsulat Jenderal Jepang di Medan Ibu Ria Damayanti. Beliau menyampaikan mengenai beasiswa ke Jepang dan menampilkan beberapa Video yang bertemakan tentang kehidupan sekolah di Jepang serta kegiatan yang dilakukan. Dan juga Video yang berkaitan tentang kebersihan yang dilakukan masyarakat Jepang di daerahnya. Apa yang disampaikan beliau ditanggapi dengan sikap positif dan antusias baik itu dari Pihak guru maupun para siswa.

Beliau Juga menghimbau pihak sekolah dan juga para siswa untuk menjaga kebersihan dilingkungan sekolah. Untuk itu di MTs. Al Washliyah Kolam sendiri sudah melakukan kegiatan rutin yang disebut dengan "Jum'at Bersih". Ya! Melihat dari namanya saja kita sudah tahu bahwa Jum'at bersih tentunya dilakukan pada hari Jum'at.

Selain digalakkannya Jum'at Bersih juga MTs. Al Washliyah Kolam juga telah memiliki tempat penampungan sampah sementara atau biasa disebut Bank Sampah Sekolah. Sampah yang dikumpulkan berupa Botol atau Gelas Plastik. Setelah dikumpukan sampah tersebut kemudian dijual kepada penadah sampah dan hasil dari penjualannya juga sudah direalisasikan yaitu berupa Tong Sampah untuk tiap kelas dan dibelikan buku yang bersifat pendidikan termasuk juga buku buku yang bernuansa Jepang ( Kamus Bahasa Jepang, Cara Belajar Bahasa Jepang dan Penulisan Hurufnya), nah buku-buku ini pun diletakkan di Perpustakaan Sekolah.

Di MTs. Al Washliyah Kolam sendiri juga sudah ada Ekskul Bahasa Jepang. Dengan adanya ekskul ini yang nantinya di semester 2 tahun ajaran 2016/2017 akan disejajarkan dengan mata pelajaran Muatan Lokal di MTs. Al Washliyah Kolam, semoga menjadi motivasi dan mampu mendorong siswa -siswi MTs. Al Washliyah Kolam untuk terus meningkatkan prestasi dalam proses pembelajaran dan diharapkan nantinya mampu bersaing dengan sekolah - sekolah setingkat SMP / MTs lainnya.

Semoga acara Japan Day kali ini berlanjut ke Acara Japan Day berikut-berikutnya.

ありがとうございました

Okt/ 2016
Mhd. Arif Afandi

Link Publikasi lain seputar Acara Japan Day ke - 2 di MTs. Al Washliyah Kolam








Post a Comment Blogger

 
Top